Friday, July 7, 2017

Ratu Kecantikan Ukraina Kecelakaan Tragis! Mabuk sambil live Instagram


Nama Sofia Magerko, lagi banyak diomongin sama sama warga Ukraina bahkan dunia. Cewek berumur 16 tahun ini baru aja menangin kontes kecantikan di Ukraina. Dan gak lama setelah itu namanya kembali diomongin, tapi bukan karena prestasinya melainkan karena kecelakaan yang menimpa dirinya sampe dia harus menghembuskan napas terakhir.


Kecelakaan yang menimpa Sofia juga menimpa seorang temannya bernama Dasha Medvedeva, keduanya diketahui berkendara sambil minum alkohol. Mereka diduga sedang mabuk dengan kecepatan mobil yang cukup tinggi, makanya mobil mereka menabrak sesuatu terjadilah kecelakaan tragis itu.

Sebelum kecelakaan terjadi, ternyata ada video live streaming di dalam mobil. Di video itu mereka berdua terlihat sedang ketawa-ketawa dan bercanda. Tapi di akhir video terdengar suara jeritan dan video itu pun langsung gelap.

Sofia diketahui meninggal di tempat, dan temannya meninggal di perjalanan menuju rumah sakit. Duh tragis banget ya. Padahal masih muda dan berbakat. Tapi yang namanya umur, gak ada yang tau.

Sumber: Malesbanget.com

Wednesday, July 5, 2017

Demo Kemenakertrans, ratusan karyawan MNC kena PHK

Sekitar 300 karyawan Media Nusantara Indonesia (MNI) yang merupakan anak perusahaan MNC Group mendatangi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Ratusan karyawan itu datang untuk mengadukan nasib mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Gilbert seorang karyawan yang terkena PHK, menganggap keputusan yang dilakukan perusahaan hanya akal-akalan untuk menghindari gaji karyawan di bulan Juli. "Kalau kami menganggap semestinya kami masih digaji bulan ini, tapi mereka melakukan ini untuk menyetop gaji kami bulan Juli. Akalan-akalan mereka," kata Gilbert di kantor Kemenakertrans, Rabu (5/7).

Gilbert yang sebelumnya menjabat sebagai asisten redaktur tabloid Genie ini mengaku tidak mendapat pesangon yang sesuai. Dari 12 tahun kerja ia hanya menerima Rp16,2 juta. Pihak perusahaan juga tidak menerangkan dari mana perhitungan angka tersebut didapatkan. Selain Gilbert, karyawan MNI lain yang terkena PHK juga mengalami nasib serupa. Namun, menurut Gilbert, dari 100 karyawan Genie yang terkena PHK dengan pesangon ala kadarnya, hanya 41 karyawan yang menolak menyetujui.

"Mereka tidak menganggapnya pesangon, mengistilahkannya dengan istilah uang tali kasih. Jumlahnya menurut kami tidak manusiawi. Misalnya, saya kerja 12 tahun hanya ditawari enam belas juta dua ratus sekian. Saya tanya ini angka keluar dari mana? Mereka bilang ini kebijakan manajemen. Enggak masuk akal kan," sesal Gilbert.

Di lingkungan MNC Group, menurut Gilbert, ada dana pensiun yang dikelola lembaga bernama PERA. Lembaga ini mengumpulkan dana dari gaji karyawan yang dipotong setiap bulan. Pemotongan itu masih berlangsung sampai mereka menerima gaji terakhir. Sayangnya, kata Gilbert, pembayaran dana PERA baru dilakukan setelah isu PHK sepihak oleh perusahaan mencuat ke publik.

“Yang kami sayangkan kenapa baru dibayarkan ketika sudah meledak. Ini tetap pelanggaran,” tambahnya.

Bukan cuma soal pesangon, Gilbert juga menyesalkan sikap manajemen MNI yang memberitahukan informasi PHK melalui surat. Mestinya, kata Gilbert, perusahaan memanggil baik-baik setiap karyawan. “Itu dikirimkan via JNE sehari sebelum cuti bersama lebaran. Memangnya gak bisa panggil saya. Saya ada kok. Kami menyayangkan hal itu. Tidak etis. Terlebih, dengan begitu kan bisa dibaca orang rumah. Bisa bikin sakit keluarga. Banyak dari kami yang masih menyembunyikannya,” katanya.

Surat PHK yang ditunjukkan Gilbert menyebutkan keputusan PHK diambil atas dasar perubahan strategi bisnis yang telah disepakati manajemen perusahaan pada tanggal 2 Juni 2017. Menurut Gilbert hal ini menjelaskan perusahaan belum sepenuhnya bangkrut. Apalagi hingga saat ini belum ada keputusan pengadilan bahwa perusahaan resmi bangkrut. “Pokoknya kami masih menunggu kejelasan status perusahaan,” ujarnya.

Atas semua ketidakadilan yang diterima itu, Gilbert dan sejumlah karyawan MNI yang menjadi korban PHK mengaku ke Kemenakertrans. Sayangnya pertemuan yang difasilitasi Kemenakertrans ini tidak dihadiri pihak MNC Group. Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Perindustrian Kemenakertrans, John Daniel Saragih mengklaim telah mengundang pihak MNC. “Pihak perusahaan juga kita sudah undang, ternyata tidak hadir,” Daniel.

Menurut Daniel, Kemenakertrans akan kembali mengundang pihak MNC dalam pertemuan lanjutan pada Senin 10 Juli mendatang. Menurutnya kehadiran pihak perusahaan penting menjelaskan alasan di balik PHK karyawan. “Sesuai dengan arahan pimpinan untuk mengklarifikasi apa sih yang terjadi di koran Sindo, ada PHK sepihak, ada pemberhentian, nah semua kami coba panggil,” ujar Daniel.

Dalam pertemuan tertutup bersama para karyawan yang menjadi korban PHK, Daniel mengaku mendapat banyak informasi. Misalnya saja PHK dan pesangon yang tidak sesuai peraturan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Daniel mengatakan sebelum melakukan PHK perusahaan mestinya berusaha memberikan alternatif kepada karyawan. Kalaupun akhirnya harus di PHK, ada prosedur yang mesti dilewati oleh perusahaan, yakni pertemuan bipatrit antara perusahaan dan karyawan. Kalau tidak mendapat jalan keluar, maka melalui tripatrit dengan melibatkan pihak ketiga.

“Kalau sesuai dengan UU nomor 2 tahun 2004 Bipartit dulu yang pertama, Bipartit itu 30 hari, kemudian Tripartit. Kalau gagal juga baru ke pengadilan,” kata Daniel.

Pengurus Federasi Serikat Pekerja Media Independen (FSPMII) Sasmito Madrim menyatakan ada dua pelanggaran utama yang dilakukan oleh pihak MNC. Pertama PHK yang tidak sesuai prosedur. Kedua pesangon yang tidak sesuai. “Surat PHK yang diberikan ke teman-teman itu juga tidak manusiawi. Ada teman-teman yang sudah bekerja belasan tahun PHK-nya ini hanya diberikan melalui surat dikirim ke rumahnya. Ketika pekerja dibutuhkan, kita dipanggil bra-bro, ketika bermasalah udah dibuang begitu saja, tidak manusiawi,” kata Sasmito.

“Yang kedua kalaupun terjadi PHK kita mendorong perusahaan memberikan hak yang sesuai diundang-undang,” lanjut Sasmito.

Sasmito mengungkapkan saat ini terdapat sekitar 300 pekerja yang menjadi korban PHK perusahaan. Dari jumlah tersebut situasi paling paling rawan dihadapi para pekerja kontrak non jurnalis. “Kalau yang jurnalis, karena dia core bisnisnya media, dia seharusnya tidak bisa dikontrakkan, harus jadi karyawan tetap. Yang non-jurnalis itu harus dihitung sisa masa kontrak kerjanya. Kalau sisa kontraknya lima bulan itu perusahaan harus membayarkan lima kali gaji,” katanya.

Sumber: tirto.id

Monday, July 3, 2017

Rp. 3.500 per KM, tarif baru taksi online
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan ketentuan tarif batas bawah dan atas operator jasa angkutan taksi berbasis online atau daring.


Ketentuan itu sebagai aturan teknis pelaksanaan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26 Tahun 2017 tentang aturan taksi online berlaku sejak 1 April 2017 lalu, namun pemerintah memberikan masa tenggat hingga tiga bulan atau 1 Juli.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengungkapkan ketentuan tarif dihitung berdasarkan jarak per kilometer (Km) dan dibedakan berdasarkan wilayah.

Ketentuan tarif batas bawah wilayah I yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Bali Tarif batas bawah adalah Rp3.500 per km. Sedangkan batas atas Rp 6 ribu per km.

Untuk wilayah II yang meliputi Kalimantan, Sulawesi hingga Papua, tarif batas bawah adalah Rp3.700 ribu dan batas atas Rp6.500 per km.

"Usulan tarif dari daerah, masing kepala daerah dan gubernur mengusulkan kepada pemerintah pusat dan sudah kami evaluasi," tutur Pudji di Monas, Sabtu (1/7).

Jika operator melanggar ketentuan, maka akan dikenakan sanksi mulai dari teguran hingga pencabutan izin operasional.

Regulasi ini dirilis sebagai revisi Peraturan PM Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Ada 11 poin revisi yang ditujukan kepada payung hukum transportasi berbasis aplikasi itu.


Sejumlah revisi tersebut, antara lain soal jenis angkutan, mesin kendaraan, batas tarif angkutan sewa khusus, kuota jumlah angkutan sewa khusus, KIR, STNK, pool, bengkel, pajak, akses dashboard dan sanksi.

Tujuan pemerintah merevisi peraturan tersebut adalah untuk melindungi konsumen serta pengemudi. Tak hanya itu, pemerintah juga masih mengharapkan kompetisi sehat antara taksi online dan konvensional.

Sumber: CNN
Usai Seri Jerman,  ini klasemen sementara MotoGP 2017

Usai meraih kemenangan di MotoGP Jerman, Minggu (2/7), pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil mengambil alih puncak klasemen sementara dengan koleksi 128 poin.

Pembalap Spanyol ini diikuti oleh pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales di peringkat kedua dengan 124 poin dan pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizoso di peringkat ketiga dengan 123 poin.

Sementara itu peringkat keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dengan 119 poin dan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa 103 poin.

Klasemen sementara MotoGP 2017 usai Seri Jerman:

1. Marc MARQUEZ - Honda - 129
2. Maverick VIÑALES - Yamaha - 124
3. Andrea DOVIZIOSO - Ducati - 123
4. Valentino ROSSI - Yamaha - 119
5. Dani PEDROSA - Honda - 103
6. Johann ZARCO - Yamaha - 84
7. Jonas FOLGER - Yamaha - 71
8. Danilo PETRUCCI - Ducati - 66
9. Jorge LORENZO - Ducati - 65
10. Cal CRUTCHLOW - Honda - 64
11. Alvaro BAUTISTA - Ducati - 44
12. Jack MILLER - Honda - 41
13. Scott REDDING - Ducati - 33
14. Aleix ESPARGARO - Aprilia - 32
15. Loris BAZ - Ducati - 31
16. Andrea IANNONE - Suzuki - 28
17. Tito RABAT - Honda - 23
18. Hector BARBERA - Ducati - 21
19. Karel ABRAHAM - Ducati - 20
20. Pol ESPARGARO - KTM - 14
21. Bradley SMITH - KTM - 8
22. Alex RINS - Suzuki - 7
23. Michele PIRRO - Ducati - 7
24. Sam LOWES - Aprilia - 2
25. Sylvain GUINTOLI - Suzuki - 1

Sumber: bola.net
Mudik naik pesawat? ini 7 Tips biar Mudik kamu lebih nyaman
Sobat kopter siap untuk kembali ke kota? Di Indonesia, pulang ke kampung halaman atau mudik sudah menjadi tradisi yang begitu dirindukan, terutama bagi yang bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga. Dari sekian banyak alat transportasi yang tersedia, pesawat menjadi salah satu opsi terfavorit. Ada banyak keuntungan mudik naik pesawat, seperti lebih cepat sampai di kampung halaman, lebih nyaman dan lebih fleksibel terutama bagi pekerja kantoran yang baru akan libur bekerja sehari sebelum lebaran.


Bagi kamu yang akan mudik dengan pesawat terbang, berikut ada 7 tips yang perlu diperhatikan agar mudik kamu lancar dan menyenangkan.

1. Ketahui Terminal Keberangkatan



Bagi kamu yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, pastikan kamu sudah mengetahui terminal keberangkatan maskapai yang kamu gunakan ya! Pasalnya bandara terbesar di Indonesia ini memiliki total 3 terminal yang dikhususkan untuk maskapai yang berbeda-beda. Jarak antar terminal juga lumayan jauh, jadi akan sangat fatal jika kamu datang ke terminal yang salah sementara penerbangan sudah akan berangkat. Bisa-bisa kamu ketinggalan pesawat dan rencana mudik pun bisa bubar. Informasi mengenai terminal keberangkatan biasanya tertera di e-tiket yang kamu terima saat beli tiket pesawat. Jadi jangan sampai salah terminal ya!

2. Tiba Lebih Awal



Saat musim mudik, terutama di puncak arus mudik biasanya bandara akan sangat padat dibanding hari biasa. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlambat check in hingga ketinggalan pesawat, ada baiknya kamu tiba di bandara paling tidak 3 jam sebelum penerbangan. Jadi kamu akan punya cukup waktu untuk check in dan menuju pintu gate keberangkatan.

3. Naik Kendaraan Umum



Untuk mengurangi kemacetan di jalan menuju bandara, ada baiknya kamu naik kendaraan umum untuk menuju bandara. Bandara di Indonesia umumnya memiliki banyak opsi transportasi umum yang memudahkan masyarakat yang ingin ke bandara dan sebaliknya. Naik kendaraan umum ke bandara pun jauh lebih murah dibanding naik mobil pribadi, lebih nyaman dan biasanya langsung berhenti di depan terminal keberangkatan, jadi kamu tidak perlu repot jalan jauh untuk masuk ke dalam bandara.

4. Packing Bagasi yang Benar



Kebanyakan maskapai di Indonesia memberikan alokasi bagasi gratis untuk penumpang. Namun, berat bagasi yang diijinkan juga terbatas, rata-rata 15 – 20 kg per penumpang. Agar kamu tak harus membayar biaya kelebihan bagasi dan mempercepat proses check in, packing lah bagasi dengan benar. Jangan letakkan barang berharga di dalam bagasi tercatat dan beratnya juga jangan sampai kelebihan. Selain itu buatlah koper maupun tas kamu lebih mencolok dengan menambahkan travel tag, plastic wrap maupun aksesoris lainnya untuk mencegah bagasi tertukar.

5. Siapkan Tiket



Tiket pesawat merupakan hal paling penting dibawa saat akan terbang. Obviously! Tapi masih saja ada yang lupa membawa tiket atau meletakkannya di sembarang tempat sehingga sulit dicari saat dibutuhkan. Untuk memudahkan proses check in dan pemeriksaan oleh petugas bandara, ad abaiknya letakkan tiket pesawat dan tanda pengenal di tas kecil maupun bagian depan tas kamu agar mudah diambil ketika tiba di bandara.

6. Check-in Online



Untuk menghemat waktu, kamu bisa check-in online terlebih dahulu melalui website maskapai yang kamu gunakan untuk mudik. Jika tidak membawa bagasi, kamu bisa langsung masuk ke ruang tunggu tanpa harus sibuk antri check-in. Jika kamu membawa bagasi, kamu masih harus antri di konter check in untuk meletakkan bagasi, namun jika sudah check in online maka prosesnya akan lebih cepat.

7. Bawa Power Bank



Setelah melewati semua prosedur di bandara, kamu akan masuk ke ruang tunggu untuk menunggu giliran keberangkatan melalui gate yang telah ditentukan. Agar tidak bosan, kamu bisa menggunakan smartphone untuk browsing, main game atau menelepon keluarga di rumah mengabarkan kapan kamu akan tiba. Meski di bandara biasanya ada tempat untuk charge hp gratis, namun ada baiknya bawa power bank sendiri agar kamu tidak bingung ketika baterai smartphone kamu habis sebelum terbang.

Sumber: blog.pergi.com
Setelah Obama, Jokowi akan temui Trump. Ada apa?

Belum lama setelah dirinya bertemu mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera bertemu dengan pengganti Obama yaitu Presiden Donald Trump. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan Presiden Joko Widodo akan menemui Trump pada KTT G20 di Hamburg, Jerman, pekan ini.

"Di sela-sela pertemuan G20, Presiden Jokowi akan melakukan beberapa pertemuan bilateral termasuk dengan Presiden AS Donald Trump," ujar Menlu Retno Marsudi saat dicegat di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 3 Juli 2017. Pekan lalu, Jokowi bertemu Barack Obama di Istana Bogor.

Retno melanjutkan bahwa pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Donald Trump akan berlangsung pada tanggal 8 Juli nanti. Dan, pertemuan bilateral itu akan lebih difokuskan terhadap isu-isu ekonomi dahulu.

Pembahasan di luar isu ekonomi, kata Retno, masih mungkin terjadi. Ia tidak menampik isu terorisme akan disinggung dalam pertemuan dengan Presiden Donald Trump mengingat Donald Trump vokal berbicara soal terorisme di beberapa kesempatan.

"Hal yang dibahas pasti urusan-urusan bilateral, yang lebih luas dari sekedar hanya bicara mengenai terorisme," ujar Retno menegaskan.

Retno menambahkan bahwa pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Donald Trump pekan ini, di G20, akan sekaligus menjadi momen pertama keduanya duduk bersama dan berdiskusi panjang. Selama ini, baik Presiden Donald Trump maupun Presiden Joko Widodom hanya pernah melakukan percakapan via telepon atau pertemuan singkat.

"Ini pertemuan pertama dalam konteks bilateral. Saat KTT Arab-Amerika di Riyadh (Mei lalu), keduanya sudah bertemu, namun baru besok keduanya duduk bersama," ujar Retno menegaskan.

Rencananya, selain bertemu dengan Presiden Donald Trump, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan enam kepala negara lain. Pria yang menjadi leadspeaker masalah terorisme di G20 itu akan bertemu dengan kepala negara Belanda, Norwegia, Vietnam, Spanyol, dan Korea Selatan.

KTT G20 di Hamburg, Jerman, akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 8 Juli. Sebelum pertemuan bilateral, Presiden Jokowi akan menjadi pembicara soal terorisme di sesi retreat.

Sumber: tempo.co
Menebalkan rambut dengan cara alami, begini caranya
Sebagai mahkota alami, sangat penting untuk menjaga kesehatan juga kecantikan rambut. Selama ini, banyak dari kita yang mengatakan bahwa rambut lebat dan berkilau adalah salah satu ciri dari rambut yang sehat lagi cantik.

Tak perlu melakukan perawatan mahal di salon atau klinik kecantikan memakai produk kosmetik mahal, rambut yang cantik, sehat dan lebat berkilau bisa didapatkan dengan melakukan perawatan alami di rumah. Ada banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya yogurt dan telur.

Berikut bahan dan cara melakukan perawatan tersebut.

Bahan
  • 1 butir telur
  • 3 sdm yogurt
Cara Membuat dan Aplikasi
  1. Kocok telur hingga mengembang membentuk pasta.
  2. Tambahkan yogurt ke dalam telur kemudian aduk hingga rata.
  3. Basahi rambut dengan sedikit air, oleskan masker telur yogurt ke rambut hingga rata dari ujung rambut sampai pangkal rambut.
  4. Pijat kulit kepala dengan lembut.
  5. Diamkan masker kira-kira selama 20 hingga 30 menit.
  6. Bilas rambut dengan air dingin.
Agar dapatkan hasil yang maksimal, sebagai sentuhan terakhir, gunakan pelembab alami rambut yakni minyak zaitun atau minyak kelapa.

Ladies, itulah tips membuat rambut makin lebat dengan memanfaatkan masker telur dan yogurt. Tips yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips ini. Disarankan, agar kamu melakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Sumber: vemale.com


Demi Agama, keputusan hijrahnya Sakti Sheila On 7

Sakti Sheila On 7, anak millenial era 90an pasti kenal nih. Setelah hengkang dari SO7 2006 Silam dan berdiaspora ke India akhirnya doi kembali lagi ke Indonesia nih sobat kopter.

Keputusan Sakti Ari Seno hengkang dari band 'Sheila On 7' lantaran ingin memperdalam agama sempat memicu pro dan kontra dari berbagai pihak. Namun Sakti pun tetap pada keputusannya itu. Keluar dari Sheila On 7, Sakti langsung terbang ke India, Bangladesh dan Pakistan untuk mempelajari agama Islam lebih dalam. Ia pun mempelajari dakwah selama kurang lebih empat bulan. Pulang ke Tanah Air, Sakti langsung mengubah namanya menjadi Salman Al-Jugjaywy.


Penampilan dia juga berubah 180 derajat, sekarang ia mengenakan gamis dan tak lupa melengkapinya dengan kopiah. Jenggotnya pun dibiarkan tumbuh dengan lebat.

Meski tak lagi tampil di layar kaca, namun pria kelahiran Yogyakarta, 14 Juni 1980 ini masih aktif menyapa para penggemarnya lewat sosial media.

Video-video singkat saat ia berdakwah pun diunggah di akun instagramnya @Salman_al-Jugjawy. Selain itu Salam sekarang rupanya juga mencari penghasilan dari berjualan meja untuk mengaji.

"Tidaklah seseorang mengonsumsi makanan yang lebih baik dari makanan yang dihasilkan dari jerih payah," tulis Salman mengutip dari Al Miqdam Radhuyallahu Anhu, Senin 15 Juni 2016.

Kerinduan para penggemar pun seakan terobati melihat instagram milik Sakti. " Alhamdulillah, Sakti usaha pembuatan meja untuk mengaji," tutur akun Mulyo.

" Wah subhanallah, usaha baru yah mas?," kata akun Najmuddin.

" Untuk meja anak-anak tahfidz ustadz," kata akun Agoes.

" Masha Allah Sakti," tutur akun Abi.

Gimana sobat kopter, seneng kan lihat Sakti alias Salman hijrah jadi sosok yang Islami. God Bless you Sakti.


Lagi Trend, Membuat Jeans anda jadi Belel

Lagi ngetrend nih Sobat kopter, belel-belelin celana jins. Nah apa itu Belel? menurut hasil pencarian saya, belel atau sering juga disebut Distressed Jeans atau (faded jeans) adalah jeans yang sudah kelihatan usang atau tua baik itu memang sudah tua, sengaja dibuat tua, sobek-sobek atau belum.

Mengenakan jeans yang sudah belel (faded jeans) tentu akan meningkatkan penampilan denim look Anda. Meskipun saat ini beberapa merek jeans sudah menawarkan produk jeans dengan warna yang telah belel (faded) tapi tak ada salahnya untuk membuat jeans belel versi Anda sendiri. Hal ini tentu saja dapat membuat celana jeans Anda memiliki tampilan yang lebih personal sesuai dengan lekuk tubuh Anda.

Memilih jeans dengan kualitas raw yang baik

Celana jeans yang bisa diterapkan untuk teknik ini umumnya adalah yang berjenis selvedge denim. Lipat celana jeans di bagian bawah dan lihatlah bagian lipata luar di bagian kaki. Jika jeans tersebut memiliki selvedge edge, kualitas jeans tersebut bisa dikatakan bagus, meskipun tidak selalu bisa diterapkan demikian.


Sebelum dicuci pertama kali 

Rendam terlebih dahulu jeans sebelum dikenakan. Dengan merendamnya terlebih dahulu selama satu atau dua jam akan membuat bahan menjadi lebih lembut. Saat merendamnya, jangan lupa untuk merendam bagian luar dan dalamnya secara bergantian. Setelah biarkan mengering tapi jangan menggunakan pengering.

Setelah rendaman awal ini, kenakan jeans tersebut sesering mungkin selama beberapa bulan sebelum Anda mencucinya untuk pertama kali. Semakin sering Anda mengenakannya, maka akan lebih banyak pola garis horisontal yang akan Anda hasilkan. Pola bergaris inilah yang akan membuat celana jeans belel Anda terlihat keren.

Pemakaian intens selama beberapa bulan akan meninggalkan garis-garis horisontal pada jeans, terutama di bagian-bagian yang sering terjadi gesekan seperti belakang lutut, selangkangan, dan kantong.


Cuci pertama 

Saat jeans Anda mulai terlihat seperti di atas, tandanya Anda sudah boleh untuk mencucinya. Celana di atas telah dikenakan selama delapan bulan berturut-turut dan hanya pernah dicuci kering sekali.

Jika Anda ingin menunda pencucian pertama, coba angin-anginkan dulu jeans tersebut sebelum dicuci. Namun, saat Anda mulai tak tahan dengan baunya, maka memang sudah saatnya celana tersebut dicuci.

Prosedur pencuciannya pun tergantung dari hasil apa yang Anda inginkan. Beberapa orang memiliki cuci kering untuk mempertahankan warna jeans tersebut agar tetap gelap. Namun, teknik pencucian dengan menggunakan tangan lebih diutamakan, caranya pun sama seperti merendam pertama, yaitu dicuci luar dalam. Menambahkan sedikit garam dan setengah gelas cuka dapat membantu mempertahankan warna indigo dari jeans tersebut.

Jika Anda tidak sabar dan ingin dengan melihat hasilnya dengan segera, Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci. Jangan lupa untuk mencucinya bolak-balik. Sebaiknya hindari teknik cucian memutar untuk mencegah garis vertikal yang buruk. Lalu kemudian keringkan.  

Setelah pencucian pertama

Setelah melewati proses pencucian pertama, celana jeans Anda akan cukup rentan terhadap kotoran. Untuk memakainya selama berbulan-bulan tanpa dicuci tentu bukan ide yang bagus lagi. Namun, Anda tetap harus mengenakannya sesering mungkin setelah dicuci untuk menambahkan efek belel.


Celana jeans Levi’s 505 berikut ini telah dikenakan setiap hari selama empat bulan dan dicuci sebanyak 7 sampai 8 kali selama periode tersebut.

Saturday, July 1, 2017

Menanam Kopi harus di ketinggian, pentingkah?

Pernahkah mendengar istilah dpl terkait single origin, benarkah ketinggian tanaman kopi sangat berpengaruh menciptakan profil rasa secangkir kopi.

1400 meter dpl, karakter kopi sumatera sudah jelas tidak diragukan lagi, bahkan menjadi populer di beberapa coffee shop luar Indonesia. Banyak referensi menyimpulkan profil rasa biji kopi yang diproduksi di pulau sumatera kebanyakan berkarakter berry, tidak sedikit juga yang berkarakter nuts, dan banyak diantaranya memiliki aftertaste yang lama dan mouthful yang nyaman. Benarkah profil rasa biji kopi sumatera demikian?

Tiap single origin pastilah memiliki perbedaan karakter rasa, begitu kompleks hal yang mempengaruhinya. Misalkan saja proses biji kopi sebelum menjadi green bean dan diekspor ke banyak daerah. Umumnya biji kopi yang diproses secara natural (unwashed) cenderung memiliki rasa manis blueberry atau manis dari jenis buah tropis, dan punya karakter body yang penuh. Karena diserapnya daging buah oleh biji kopi saat pengeringan ,mengoptimalkan masa fermentasi. Lain hal, biji kopi yang diproses dengan cara washed akan memiliki karakter rasa yang cukup kompleks dengan tingkat acidity lumayan. Sebabnya sebelum dikeringkan biji kopi akan dipisahkan dari ceri kopi kemudian dilakukan fermentasi dengan membersihkan sisa kulit ceri pada biji, selanjutnya dilakukan pengeringan. Dari metode proses pengeringan saja sudah kentara perbedaan profil rasa biji kopi.

Sebelum biji kopi dipanen, masa tanam juga perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas biji kopi. Jarak tanam antara tanaman kopi satunya dengan tanaman kopi lain juga perlu dipertimbangkan mengingat tanaman kopi butuh nutrisi yang cukup. Bagaimana dengan ketinggian tanaman kopi, apakah berpengaruh terhadap karakter rasa yang nantinya dihasilkan si biji kopi?


Sesama jenis arabika pun bisa berbeda karakter rasa jika arabika yang satu tumbuh pada ketinggian 1000 meter dpl dan satunya tumbuh pada ketinggian 1400 meter dpl. Tapi tidak selamanya ketinggian yang menyebabkan perbedaan karakter rasa tiap single origin. Dalam hal ini, ketinggian tanaman kopi yang tumbuh diukur dengan ukuran (dpl) diatas permukaan laut sangat jelas bedanya terlihat dari air pressure dan temperature.

Air Pressure

Semakin tinggi suatu daerah maka memiliki tekanan udara yang rendah. Tekanan udara yang rendah untuk beberapa tanaman sangat berpengaruh, seperti tanaman selada akan tumbuh optimal dan tanaman lobak juga mengalami kemajuan positif. Berbeda dengan tanaman kopi, sepertinya tekanan udara tidak terlalu berpengaruh pada karakter rasa kopi, namun berpengaruh pada hasil panen tanaman kopi.

Temperature

Ketinggian sebuah daerah juga mempengaruhi suhu udara sekitaran tanaman. Apakah suhu udara ada kaitannya dengan perbedaan karakter rasa kopi. Membandingkan kopi yang tumbuh di Hawaii dan Colombia memiliki ketinggian yang sama pada 762 meter dpl. Namun mengapa karakter rasa kopi Hawaii lebih acidy dan kompleks dibandingkan profil rasa kopi Colombia dengan ketinggian yang sama. Sebabnya, Colombia terletak pada lintang tropis sedangkan Hawaii mempunyai iklim yang dingin.

Mungkin ketinggian daerah tanam menentukan suhu udara, namun pada ketinggian yang sama di beberapa daerah mengalami perbedaan suhu udara karena iklim tertentu. Pastinya, suhu udara pada tanaman kopi yang berkontribusi memberikan perbedaan karakter rasa pada secangkir kopi.

Sumber: Internet